Tips Membeli Ponsel Second

Info Gadget - Tips Membeli Ponsel Second. Banyak sekali yang tertipu kalau beli ponsel second atau bekasi, dan saat ini saya ingin berbagi sedikit mengenai Tips jika anda ingin membeli ponsel bekasi milik orang lain. 
Tips Membeli Ponsel Second
Tips Membeli Ponsel Second

Biar tidak tertipu lagi, simak tips dibawah ini:

1. Periksa Kondisi Fisik Ponsel

Yang paling terutama kita cek adalah kondisi fisik si’handphone tersebut, apakah masih dalam keadaan baik atau tidak , Jangan terkecoh dengan Cassing yang bagus/bersih. Lihat kondisi segel, apakah ada tanda-tanda pernah di bongkar? Perhatikan warna baut dan bentuk kembangnya, biasanya ponsel yg pernah di utak-atik warna bautnya sedikit memudar dan bentuk kembangnya sudah agak rusak. Setelah anda memeriksa kondisi ponsel, maka selanjutnya hidupkan ponsel, coba semua tombol-tombol pada keypad apakah ada yang macet ataupun malah tidak berfungsi. Cobalah menekan sembarang tombol angka pada keypad sebanyak mungkin dan pastikan ponsel tidak hang. Lalu pastikan fungsi-fungsi pada menu semua berfungsi dengan baik, misalnya: ringtone, getar, kamera, bluetooth, radio dan lain-lain.
 
2. Konsidi layar
 
Perhatikan juga kondisi LCD dari ponsel yang akan kamu beli, jika terdapat noda menghitam atau bercak dapat dipastikan LCD rusak atau pernah di servis.

3. Sinyal

Pastikan sinyal ponsel masih baik. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu yang di daerah Anda sinyalnya paling bagus. Jika menggunakan kartu itu saja sinyal terlihat naik turun terlalu lama mungkin sinyal sudah bobrok.

4. Cek nomer IMEI

Untuk men-check nomor IMEI dari ponsel yang akan kamu beli, masukan kode *#06# , dan samakan nomor IMEI yang muncul di layar dengan nomor yang terdapat di dus.

5. Garansi

Untuk ponsel keluaran lama garansi mungkin sudah tidak berlaku, namun pertimbangkan untuk memilih ponsel bekas yang memiliki paling tidak 3 bulan garansi lagi.

6. Kondisi Charger

Perhatikan charger-nya. Biasanya yang tidak original lama proses charger-nya, sebaliknya yang original cepat proses charger-nya. Fisik charger yang original lebih berat dibandingkan dengan yang tidak original. Kabel original lebih panjang dibanding yang tidak original.

7. Baterai

Tidak mudah untuk tahu kondisi baterai Handphone yang kita beli, apakah masih baik dan normal atau sudah ngedrop. Baterai yang bocor hanya bartahan satu atau dua hari dalam posisi standby dan beberapa jam saat kondisi sering digunakan. Jarang penjual yang terus terang tentang kondisi baterai HP karena tentunya akan menurunkan Harga HP yang ditawarkan. Cara yang terbaik adalah menanyakan dengan sopan tentang kondisi baterai, apakah masih baik dan normal atau bermasalah alias bocor.

8. Harga

Kita pembeli adalah raja dan selain itu keuntungan membeli HP second adalah kita bisa melakukan tawar-menawar kepada penjual. Kita bisa mendapatkan HP second murah jika kita pintar-pintar memanfaatkan kondisi HP sebagai ‘senjata’ untuk menawar, misalnya dari cacat fisik atau kelengkapan HP yang kurang atau bukan original. Penjual pun sudah pasti memasang harga HP lebih tinggi dari modal yang mereka keluarkan, sehingga akan rugi rasanya jika kita tidak menawar harga yang mereka tetapkan.

Demikianlah Tips Membeli Ponsel Second, semoga dengan membaca artikel ini anda tidak tertipu kembali, dan lebih teliti jika hendak membeli apapun. Semoga Bermanfaat yaa